Kamis, 09 Juni 2011

Kebanyakan Minum Kopi, ciptakan halusinasi

 Minum Kopi itu memang nikmat, dapat membuat kita terjaga atau dapat menghilangkan kantuk, dan sebagaian mengatakan dapat meningkatkan konsentrasi dan tenaga. Dan membuat kita bersemangat.
Tapi tahukan anda kebanyakan minum kopi dapat menyebabkan anda berhalusinasi. Wah kok bisa?
 

La Trobe University di Melbourne Australia merilis penelitian terbaru tentang efek kecanduan kopi. Hasilnya, lima gelas kopi sehari cukup membuat mereka mendengar bunyi-bunyian yang tidak pernah ada atau berhalusinasi.
Penelitian ini dilakukan terhadap 92 orang untuk mengetahui efek konsumsi kafein yang berlebih dalam kopi. Setelah diteliti, kafein menyebabkan seseorang mendengan bunyi-bunyian yang tak pernah ada.
Misalnya seseorang yang mengkonsumsi lima gelas kopi sehari mengaku mendengar lagu White Christmas dari Bing Crosby. Padahal, tidak pernah ada lagu itu selama penelitian.
Efek ini diberi nama psychosis-like sympton. Gejala ini disebabkan oleh perpaduan kafein dan efek stres dari lingkungan sekitar. Selain membuat halusinasi, tidak diketahui pula berapa lama dampak dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan ini. Jadi hati - hati jika anda kebanyakan minum kopi, tiba - tiba mendengar atau melihat sesuatu yang aneh. Kemungkinan anda sudah terkena efek dari kafein dan stress.

Kalau bagi perempuan kebanykan minum kopi dapat menggangu kesuburan wanita yang dapat mengakibatkan kemandulan. Karena dapat mengurangi aktivitas otot - otot di saluran telur wanita. Terutama pada saat Ovum sedang menuju indung telur. Kafein yang terdapat di kopi dapat menghambat kontraksi otot, sehingga telur tidak bisa dibuahi. Dan inilah yang dapat mengakibatkan perempuan mandul.
Wuih serem banget, padahal kopi itu sangat nikmat. Saya saja suka. Apalagi kalau kopi susu full cream.


Nah ini beberapa cara mengurangi konsumsi kopi , tanpa mengurangi semangat dalam menjalani hari  :
  • Hari tanpa kopi. Cobalah satu hari dalam sepekan saat tidak sibuk-sibuk amat hingga bisa menggantikan jatah waktu minum kopi dengan tidur siang barang sejenak.
  • Setelah itu, kurangi separuh konsumsi kopi dalam sehari, yang biasanya minum sebelumnya, lalu tidak minum kopi setelah pukul 14.00.
  • Saat Pagi hari coba ganti kopi dengan teh hijau, yang meski mengandung kafein juga, tapi dosisnya rendah dan sangat tinggi kadar antioksidannya.
  • Perbanyak makan vitamin B, seperti dari bayam atau sereal gandum utuh untuk mendongkrak energi yang biasanya Anda dapatkan dari kafein.
    Hati-hati terhadap kafein yang bersembunyi di produk minuman energi, es krim, atau cokelat. Cari sumber energi lain, misalnya dengan berolahraga.
  • Minum banyak air putih untuk menggelontorkan kafein dari sistem tubuh Anda dan mengurangi sakit kepala serta sembelit.
Ternyata di balik sesuatu yang nikmat terdapat banyak resiko yang kita hadapi.
Semoga bermanfaat...

36 komentar:

  1. ngeriiiiiiii,,, padahal ane pecandu kopi,,,

    BalasHapus
  2. waduh yg bener tuh sis... ane sehari minum 6 bungkus kopi lho

    BalasHapus
  3. @Mustofa (NewBie)kalau tidak berlebih tidak apa2 :)

    @seleb-onlinesaya rasa tergantung kopinya, kopi yang mengandung banyak kaffein. yah tapi untuk menjaga ada baiknya dikurangi :) lebih asik keknya kalau minum teh :)

    BalasHapus
  4. oyeke...baru tahu. zie salah seorg pengemar kopi taw

    BalasHapus
  5. @Redbloodsnow asal tidak berlebihan, tidak mengapa zie...

    BalasHapus
  6. Hi, Thanks for supporting me..i also supporting have a nice day

    BalasHapus
  7. wahhh..
    saya minum kopi bisa 3x sehari....

    BalasHapus
  8. waduh, apakah benar? padalah saya minum kopi sama banyaknya dengan minum air putih.. apakah ada efek lain?

    BalasHapus
  9. untung ga suka ngopi :D kalo paste iya :hammer

    BalasHapus
  10. @insan lemah coba imabngi dengan air putih
    @LIFE IS BEAUTIFUL coba banyakin minum air putihnya :)
    @embunPagi begitu kata penelitian :)
    @Sableng paste apa nih :)

    BalasHapus
  11. susah bu! klo udah kecanduan kopi!!!sehari gak minum kopi, kaya ikan tanpa air,

    BalasHapus
  12. untug saya nggak suka minum kopi sob,,,,,
    nice info,,,,,
    comment balik ya sob,,,,,
    disini http://muammar-bts.blogspot.com/2011/06/update-we9-pes-2011.html

    BalasHapus
  13. Salam persahabatan dan sukses selalu, follow sukses, ditunggu re-follow anda.
    Btw, aku peminum kopi berat lho, bagaimana donk ?

    BalasHapus
  14. klo yang tidak mengandung cafein gimana ??

    BalasHapus
  15. @cukireznor ah masa? coba dikurangi dikit2

    @Muammar-Xp bagus itu ok segera meluncur

    @WONG JAWA dikurangi sedikit2. terima kasih telah berkunjung, ada kunjungan balik

    @Jeng hmm mungkin tidak begitu besar pengaruhnya

    BalasHapus
  16. wah info yang bagus niy Mbak, sebagai penggila kopi rasanya tidakbisa sehari tanpa nyeruput kopi... tapi mengurangi untuk kesehatan lebih baik deh.

    BalasHapus
  17. kalo dikonsumsi sesuai aturan ngga masalah ;)

    BalasHapus
  18. very very i do agree.....
    emang bahaya klo buat wanita, apalagi klo wanitanya hamil, dampaknya bisa ke bayinya juga....

    numpang nitip link ya, klo bisa di kunjungin juga OK...
    http://www.realitylapse.blogspot.com

    BalasHapus
  19. wah ane bisa abis 3 cangkir sehari, masih dalam batas normal kan? moga2 gak ada gangguan sih, tidur pun gak terganggu

    BalasHapus
  20. singgah sambil nonton TV, nice blog kawan :D

    BalasHapus
  21. @Badrin yup coba ganti dengan teh :)

    @Ladida yup bener itu :)

    @hiyosoka yah sepakat :)

    @ijial hmmm kalo 3 cangkir sehari masih normal keknya, tapi cangkirnya standar kan :)

    @kuliLAPO.blogs silahkan, thx

    BalasHapus
  22. Mengunjungi blog sahabat dengan smile

    BalasHapus
  23. jujur saja saya peminum kopi berat tp saya pun tak ketinggalan untuk berolah raga spt futsal dan badminton, dalam satu hari saya bs menghabiskan sekitar 4 - 5 gelas bahkan kadang lbh,..wah wah wah gawat juga ya saya,...makasih atas kunjungannya Af....

    BalasHapus
  24. Wah, untun ane g suka-suka banget kopi.. Dulu waktu kul c sering banget ngopi... nice info mbak

    BalasHapus
  25. berhalusinasi masih lebih bagus dari pada korupsi ...hehehe... sy pcndu kopi berat nih....posting bagus suka bacanya...mksih postingnya...

    BalasHapus
  26. Hi, Thanks for supporting me..i also supporting have a nice day best wishes from Spain

    BalasHapus
  27. Majapahit Award untuk anda, silahkan diambil di http://majapahit1478.blogspot.com/2011/05/majapahit-award.html. Thanks.

    BalasHapus
  28. 3 cangkir standar Betawi :) , kayak bang Ben itu loh . . hehehe

    BalasHapus
  29. Sob, hebat artikel kamu terindex di gugel peringkat teratas loh, selamat ya. wah jadi ngiler

    BalasHapus
  30. masalahnya kalo ga ngopi ga syik bro... apalagi kalo ditemani sebatang rokok dan kue basah... lumayan buat sarapan pagi...

    BalasHapus
  31. g cuman halusinasi,, kadang kebnyakan minum kopi g bagus untuk kesehatan.

    BalasHapus
  32. @HANYA BERBAGI
    hehehe baru dengar tulisannya aja dah mantab rasa kopinya,..setujuuu

    BalasHapus
  33. lagi ngopi neh, tiada hari tanpa ngopi, kenikmatannya mengalahkan resikonya....nice post dan bermanfaat sobat, klo sya cukup dua gelas sehari..

    BalasHapus