Kamis, 23 Juni 2011

Handphone bisa Tranfer Uang? Baru tau nih....

Salam Blogger...
Kasihan banget yah saya. ketinggalan berita teknologi. Jujur saya juga baru dengar dan tahu bahwa kita juga bisa transfer uang dari handphone. Ternyata salah satu Provider kartu seluler yaitu Telkomsel telah mengeluarkan program Transfer uang yang bernama T-Cash. T-Cash apa itu? Ok mari kita simak penjelasan berikut....


T-cash adalah layanan dompet digital dari Telkomsel, dimana pelanggan Simpati, Kartu As, dan Kartu Halo bisa melakukan transaksi cukup lewat HP saja.

Dalam menghadirkan layanan mobile wallet di Indonesia, Telkomsel menjadi integrator sekaligus service provider yang didukung oleh Bank Indonesia (regulator), merchant-merchant penjual barang dan jasa (Indomaret, Fuji Image Plaza, Perguruan Tinggi penyedia konten akademis, dan lain-lain), bank sebagai tempat penyimpanan dana (BNI, Mandiri, dan sebagainya). Layanan ini tentunya bisa menjadi katalisator terciptanya less cash society.

Layanan T-Cash memungkinkan ponsel pelanggan dapat berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi dengan nominal kecil (micropayment) di bawah Rp 1 juta.

Perlu diperhatikan bahwa t-cash disini bukan merupakan mata uang tersendiri, akan tetapi merupakan dompet digital saja, tentu saja mata uang yang digunakan adalah Rupiah.Memahaminya mudah saja, pasti sobat blogger sudah familiar dengan pembayaran menggunakan credit card atau debit card kan ? Nah.... penggunaan T-cash mirip-mirip dengan penggunaan kartu tersebut, bedanya kalo kartu kan cara bayarnya  dengan cara digesek, sedangkan kalo T-cash cara pembayaranya adalah dengan cara SMS dan menu UMB (layaknya menu cek pulsa di *888#)... sampai disini bisa dipahami kan ? :)


Berikutnya kelebihan T-cash dibanding card apa?
Yang pasti dengan menggunakan t-cash ini lebih mudah dan cepat karna tidak membutuhkan rekening atau terdaftar di bank terlebih dahulu, kemudian dengan t-cash ini semua transaksi benar-benar bisa dilakukan secara praktis, kapan saja, dimana saja di seluruh wilayah Indonesia..... bagaimana tidak, dengan T-cash kita bisa melakukan macam-macam transaksi di tengah hutan yang tidak ada listrik atau tidak ada jaringan Internet pagi siang sore malam cukup dengan menggunakan HP saja, kemudahan tersebut tentunya tidak bisa digunakan kartu yg mebutuhkan EDC sebagai alat untuk melakukan gesek, dan ya tentu saja EDC ini hanya ada di merchant khusus, membutuhkan listrik, membutuhkan line telpon untuk transaksi.... jadi benerkan
T-cash is better than any other card :D

Berikutnya cacak akan jelaskan proses-proses menggunakan T-cash ....
1. Registrasi dan Aktivasi layanan T-cash
2. Cash In (pengisian saldo T-cash)
3. Purchase (pembelian menggunakan T-cash)
4. Payment (pembayaran menggunakan T-cash)
5. Kirim Uang (pengiriman uang sesama pengguna T-cash)
6. Cash Out (tarik tunai saldo T-cash)

Dari lima proses tersebut, mudahnya sih untuk pengguna baru, dengan menggunakan kartu Telkomsel-nya pertama-tama harus melakukan aktivasi layanan T-cash, kemudian melakukan pengisian saldo, setelah itu dengan saldo yang dimiliki tersebut melakukan aneka macam pembelian atau pembayaran, kemudian mengirim uang ataupun menerima kiriman uang antar sesama pengguna T-cash, kemudian jika diperlukan bisa melakukan penarikan tunai saldo T-cash..... Nah gampang kan.


1. Registrasi dan Aktivasi
Perlu sobat-sobat ketahui bahwa nomor Telkomsel yang dipakai tidak otomatis bisa langsung dipakai T-cash nya, melainkan harus dilakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah melakukan registrasi maka pelanggan akan menjadi pelanggan T-cash "Basic Service" atau "Full service" tergantung dari tingkat validitas data customer. pelanggan T-cash "Basic Service" tidak bisa menikmati beberapa fitur sebagaimana pelanggan T-cash "Full Service", makanya diusahakan jadi pelanggan "Full Service" yah.

2. Cash In
Karena T-cash sifatnya adalah prabayar, maka perlu untuk mengisi saldo terlebih dahulu sebelum menikmati layanan T-cash. Pengisian bisa dilakukan di Indomaret, Grapari, atau di merchant-merchant yang sudah bekerja sama dengan Telkomsel. Perlu diketahui bahwa uang sudah di depositkan tidak dikenakan potongan atau biaya apapun... jadi misal sekarang kita memiliki saldo T-cash Rp. 50.000, maka sampai kapanpun juga saldo anda akan tetap sebesar Rp. 50.000 apabila tidak pernah digunakan.


3. Purchase
Apabila kita sudah punya saldo berikutnya nada bisa menggunakan untuk melakukan pembelian-pembelian, misalnya pembelian pulsa Simpati atau Kartu As, pembelian voucher listrik PLN prabayar, pembelian di merchant-merchant tcash, berbelanja di Indomaret, pembelian di online-shop tokobagus.com, dll....

4.Payment
Nah T-cash ini sangat bermanfaat, karena kita bisa membayar aneka tagihan rutin secara lebih mudah dengan T-cash. Contoh pembayaran misalnya : Tagihan Kartu Halo, Tagihan Telkomvision, Tagihan PLN, Tagihan PDAM, dll. Bbayangkan dengan menggunakan T-cash tidak perlu lagi repot mengurusi pembayaran di loket masing-masing tagihan tersebut. selain itu pembayaran T-cash ini adalah available 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sabtu-minggu-tanggal merah terus buka. Kerenkan

5. Kirim Uang
Dengan menggunakan T-cash kita bisa melakukan kirim-mengirim uang dengan seluruh pengguna T-cash dengan mudah, cepat, kapan saja dimana saja. Waktu pengiriman uang hingga sampai di penerima adalah secepat mengirim SMS lho.



6. Cash Out
T-cash juga menyediakan layanan berupa pencairan saldo T-cash, alias tarik tunai, alias Cash Out, dari saldo T-cash yang dimiliki, kita jika diperlukan bisa melakukan Cash Out di toko-toko Indomaret terdekat. Layanan Cash Out ini juga bermanfaat apabila digabung dengan layanan Transfer Uang. Artinya jika kita mengirim uang lewat T-cash, maka penerima bisa juga melakukan tarik tunai dari saldo T-cash yang baru saja diterimannya.


Gimana, mudah dipahami bukan penjelasan di atas?
T-cash bisa digunakan dengan mudah sebagai berikut :

1. Cukup dengan menghubungi *828# dan ikuti petunjuk berikutnya
atau
2. Dengan menu SMS kirim ke nomor 2828

Berikut format SMS-nya. Silahkan dicoba-coba dan dipelajari sendiri.


Gimana. Kerenkan pakai T-cash.

15 komentar:

  1. Hahahah, aku jg baru tau.. tp jg sedang g tertarik. Coz dah registrasi rek, jadi bisa transaksi pake sms jg. ato klo lg pake laptop tingal Internet banking. Tp memang g bisa tarik tunai.. tetap harus ke ATM.. hahaha

    BalasHapus
  2. wah kirim duit ribet dunk gan, ane pake IMB aja untuk cek saldo aja, lebih enak ke atm, hehehe

    BalasHapus
  3. Wow mantebb, saya juga baru tahu kalo handphone bisa dimanfaatkan sebagai transfer uang. :)

    BalasHapus
  4. Info asyik nieh,makasih infonya.Salam erat persahabatan dari Papua!

    BalasHapus
  5. lebih baik terlambat tau nya dr pd g tau sama sekali,..Alhamdulillah sy dah punya semua dr cc, pay pal, phone banking dll dan memang semua itu sangat meringankan dan amat membantu.

    Untuk Tcashnya makasih dah kasih info berguna walau saat ini sy merasa blm perlu mungkin sy bs menginformasikan ke orang lain,..si ibu nambah pahala lg nih dah bagi2 info,..hehehe

    BalasHapus
  6. saya sii belum pernah nyoba, cuma tau beritanya aja, heheee

    BalasHapus
  7. saya lbih suka pake cara manual yaitu ke bank.
    tpi klo lagi gk sempet y pake HP.hehehe

    BalasHapus
  8. enak ke atm aja deh, takut salah, hehehehe soalnye duit

    BalasHapus
  9. Bagaimana sobat ? Semoga senantiasa sehat selalu ya. Informasi yang berguna seklai disaat kita ndk bawa uang tunai namun perlu kita sadari bahwa tidak semua toko yang memiliki merchand / menerima pembayaran menggunakan T-Cash ini. i nilah yang membuat saya sedih banget. Hiks..

    BalasHapus
  10. informasinya sip
    salam kenal & follow 133

    BalasHapus
  11. Jujur saya juga baru tahu nih terima kasih informasinya :),salam persahabatan

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. bisa buat pembayaran online kayak i-pay juga y om..

    btw ane juga baru tahu nih. malus

    BalasHapus
  14. DI TELKOMSEL T-CASH BEKERJA SAMA DENGAN SEBUAH JASA JUGA ADA SEBUAH BISNIS USAHA JIKA CONTOHNYA: MEMBAYAR LISTRIK,AIR,DLL AKAN MENJADI UANG KEMBALI... JIKA INGIN TAU SELENGKAPNYA DAN DETAIL HARAP TO
    hub:08569934446

    BalasHapus