Loading...

Selasa, 07 Juni 2011

Kenapa Telapak tangan basah atau Berkeringat? Ini Penyebabnya

Keringat, semua perempuan mungkin sering atau bahkan selalu mengalami masalah mengenai hal ini. Saat bersalaman atau saat menulis tangan selalu berkeringat, sehingga dapat membuat tidak PD. Kadang orang akan malas atau tidak mau bersalaman dengan kita gara - gara telapak tangan kita basah atau berkeringat. Bahkan kalau kita bersalaman dengan rekan bisnis mereka akan memandang curiga karena persepsi tangan yang berkeringat atau dingin adalah tanda - tanda orang yang hendak menipu.
Sebenarnya kenapa sih tangan berkeringat?


Apa sebenarnya tujuan dari keringat? Tujuan utama dari berkeringat adalah untuk mendinginkan tubuh pada saat tubuh terlalu panas. Hal ini membuat suhu tubuh di dalam tidak berubah. Oleh karena itu tubuh manusia tidak bereaksi terhadap lingkungan seperti bagaimana hewan reptil lakukan-sangat lambat dan mengantuk saat cuaca dingin dan sangat aktif saat cuaca panas.

Munculnya keringat dipengaruhi oleh sistem saraf otonom. Ada dua bagian dari sistem syaraf otonom-sistem saraf parasimpatis dan sistem saraf simpatik.

Sistem saraf simpatik berkaitan dengan kesenangan atau ketegangan atau disebut dengan sindrom “melawan atau lari”. Sebagai contoh, bila Anda melihat anjing gila datang menghampiri Anda, jantung berdetak lebih cepat karena sistem simpatik secara otomatis merespon untuk mempersiapkan melawan anjing ataukah melarikan diri. Dalam kedua kasus, Anda memerlukan banyak aktivitas fisik. Sistem saraf simpatik juga membuat berkeringat untuk mendinginkan tubuh karena semua otot-otot yang digunakan dalam kegiatan fisik akan menghangatkan tubuh.

Pada sekitar 93% dari orang Cina dan 99,3% dari ras lain di Asia, sistem simpatik bekerja dengan baik dan orang hanya berkeringat bila diperlukan. Sayangnya, banyak orang yang lahir dengan sistem saraf simpatis terlalu aktif yang menyebabkan wajah merona disaat yang kurang tepat dan keringat berlebihan di wajah, ketiak, telapak tangan ataupun kaki.

Perawatannya

Telapak tangan berkeringat dapat diobati dengan berbagai cara. Terdapat obat yang dapat diusapkan ke tangan. Namun mereka dapat menyebabkan iritasi kulit bagi beberapa orang dan bahkan tidak berhasil.

Iontoforesis adalah metode pengobatan lain dimana tangan direndam dalam larutan kimia dan kemudian arus kecil dialirkan untuk sementara menonaktifkan kelenjar keringat. Namun, metode ini hanya bersifat sementara dan harus dilakukan rutin setiap minggu atau lebih sering lagi. Dan selain itu, beberapa orang mengalami sakit tenggorokan dan mata kering sebagai efek samping.

Injeksi botulinum atau botox ke telapak tangan juga dapat mengobati sementara telapak tangan berkeringat. Ini mahal dan harus diulang setiap dua sampai tiga bulan. Hal ini juga berisiko karena jika suntikan terlalu dalam masuk, dapat menyebabkan kelemahan otot selama beberapa bulan.

Semoga bermanfaat

20 komentar:

  1. info bermanfaat sob...thx for share

    BalasHapus
  2. nice post..
    sangat bermanfaat
    :D

    BalasHapus
  3. OO ternyata ada pengobatan tangan selalu basah,ya..Hmm Saya pernah mendengar bila tangan selalu basah karena tubuh kurang begitu fit dan jarang berolah raga. tubuh akan bertambah hangat karena telah mengeluarkan keringat. Begitu sih saya baca dari artikel terkait, begitul atau salah maapin sy ya. Trm ksh udh bewe ke blog saya. giliran sy nih bewe ke blog sobat. Slm blogging,sobat. :D

    BalasHapus
  4. @Bippi @Rezdown7 makasih atas komentarnya :)

    @biemail bisa juga karena itu, jadi harus banyak berolah raga :) salam juga sobat..

    BalasHapus
  5. Ouh begitu ya? ane baru tahu gan..

    BalasHapus
  6. ane termasuk yg normal :D
    tidak berkeringat

    BalasHapus
  7. Rupanya begitu ya penyebab dan sebab akibat telapak tangan basah, makasih nih info nya kawan.

    BalasHapus
  8. oh gitu too..nice sob..thanks dah sharing!jangan lupa jga komen balik di blogku ya(Just for Fun)

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah berbagi, komen balik ya :P

    BalasHapus
  10. banyak membaca banyak tau. saya suka artikelnya nih. ;D

    BalasHapus
  11. mantap sob...

    apalagi klo lgi olahraga kringatnya bnyk bnget...hehe

    BalasHapus
  12. Telapak tangan ane sering dingin dan berkeringat bu..

    Kata orang c karena jantung ane.. ^^

    BalasHapus
  13. iya nih kadang jg trjadi, palagi kalo lg nervous..nice info

    BalasHapus
  14. biasanya klw keringetan..mau dapet rezeki...hehe

    BalasHapus
  15. wah, temen saya yg telapaknya basah terus . .
    mgkin bisa saya rekomendasikan ke dia, makasih infonya ;)

    BalasHapus
  16. Wah info yg menarik thank's sob..

    BalasHapus