Minggu, 17 April 2011

17 Tips Finansial Penting Bagi Wanita

Mungkin terdengar tidak adil, tetapi wanita terkadang mendapatkan ketidakuntungan ketika berhubungan dengan finansial. Meskipun perbedaan telah berkurang semenjak kira-kira 50 tahun lalu, tetap saja wanita menghasilkan lebih sedikit dibandingkan oleh pria. Tapi situasi tersebut tidaklah tanpa harapan. Banyak hal yang wanita bisa lakukan untuk mengamankan masa depan finansial mereka. Berikut adalah beberapa tips yang bisa menolong anda menambahkan kontrol dan kepercayaan diri anda ketika berhadapan dengan masalah finansial anda.


1. Buat sasaran finansial anda – Membuat setting sasaran bagi diri anda sendiri bisa menjadi salah satu hal paling penting dalam kesuksesan finansial anda. Mengetahui dimana anda ingin berakhir adalah langkah pertama untuk mencapainya. Maka, duduklah dan bayangkan apa yang menjadi sasaran besar finansial anda dan bagaimana anda merencanakannya untuk mencapainya. Pastikan anda mengevaluasi perkembangan anda sejalan waktu apakah anda tetap dalam jalur pastinya untuk bertemu dengan sasaran-sasaran anda.
2. Jangan bertempur sendiri – Jika anda memiliki masalah dengan menangani masalah keuangan anda, anda tidak perlu menghadapinya sendiri, akan sangat menolong jika anda bergabung dengan kelompok pendukung yang berhubungan dengan masalah keuangan. Wanita terkadang merasa terintimidasi ketika berhubungan dengan investasi, dan merasa tidak pasti tentang pilihan-pilihan yang menyebabkan intimidasi ini. Ketika anda belajar mengenai keuangan anda, anda akan merasa lebih percaya diri.

3. Dapatkan bantuan professional – Diluar dari kelompok, jika anda membutuhkan bimbingan permasalahan keuangan akan lebih baik jika anda mencari professional yang bisa menolong anda. Meskipun mereka mengenakan harga, keuntungan dari pengalaman dan pengetahuan mereka bisa menguntungkan. Pastikan anda menemukan seseorang yang bisa anda percaya. Dapatkan rekomendasi dari teman atau relasi jika memungkinkan.

4. Kontrol keuangan anda sendiri – Ketika kebanyakan wanita mengatur sendiri keuangan mereka dari hari ke hari, masih ada saja wanita yang memberikan keputusan tersebut kepada pasangan. Ketahui kemana uang anda pergi dan pastikan itu diinvestasikan dengan cara yang menurut anda cocok.

5. Beli rumah anda – Wanita terkadang menunggu sampai mereka menikah untuk membeli rumah bersama pasangan mereka nantinya, atau mereka mengharapkan suami mereka untuk membeli rumah bagi mereka. Ketika situasi seperti ini bisa berhalangan dengan keterbatasan keuangan, anda perlu mencoba untuk membeli rumah anda sendiri. Untuk jangka panjang, menyewa adalah investasi yang buruk. Jika anda berencana untuk tinggal dalam beberapa tahun yang cukup lama dan bisa untuk membayar di muka, membeli rumah adalah investasi yang lebih baik

6. Negosiasikan gaji anda – jangan takut untuk meminta apa yang anda tahu layak bagi anda. Percaya dirilah dengan negosiasi anda – anda bisa mendapatkan kurang dari apa yang layak jika atasan anda melihat anda sendiri pun tidak bersungguh-sungguh. Jika anda merasa dibayar kurang dari cukup, katakanlah. Anda mungkin tidak mendapatkan apa yang anda minta, tetapi anda tidak pernah tahu jika anda tidak mencobanya.

7. Ketahui batas toleransi resiko anda – Wanita terkadang lebih konservatif dibandingkan pria dalam urusan untuk membuat investasi. Ada waktu dimana lebih bijaksana untuk melihat investasi yang lebih riskan tetapi akan menghasilkan pertumbuhan yang lebih besar. Jangan takut untuk mengambil resiko dimulai dari sekarang, sepanjang itu akan timbal balik hasil. Setiap orang memiliki toleransi resiko yang berbeda, maka itu pikirkan dengan baik sebelum membuat keputusan investasi yang beresiko.

8. Rencanakan untuk pensiun – Statistik melaporkan bahwa wanita terkadang menyimpan setengah dari yang apa pria simpan untuk pension. Ini bisa menjadi masalah tersendiri, tetapi rata-rata wanita hidup lebih lama dibandingkan pria, maka seharusnya menyimpan untuk lebih banyak untuk tahun-tahun yang lebih panjang tersebut. Para ahli menyarankan bahwa wanita seharusnya menyimpan 12 % dari pemasukan mereka untuk pension, sedangkan pria hanya perlu menyimpan sekitar 10 %. Tidak pernah terlalu cepat ataupun terlalu terlambat untuk memulai menabung untuk pension.

9. Belajar dari kesalahan-kesalahan anda – setiap orang membuat kesalahan, tetapi kesalahan finansial bisa membuka kesempatan untuk bertumbuh (secara finansial). Jangan biarkan kesalahan-kesalahan masa lalu tersebut membuat anda jauh dari kesuksesan masa depan. Jika anda pernah bertahun-tahun terlibat dalam hutang kartu kredit maka gunakan pelajaran tersebut dari kepungan hutang masa depan. Selama anda tidak membuat kesalahan yang sama terus-menerus maka anda akan baik-baik saja; maka jangan biarkan masa lalu anda mengikat masa depan anda.

10. Mulailah membuat keputusan investasi-investasi yang cerdik – Tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai investasi dibandingkan sekarang. Wanita terkadang menerima lebih sedikit keuntungan dibandingkan pria, maka mereka perlu untuk lebih agresif mengenai investasi-investasi dan tabungan mereka. Jangan takut untuk melakukan kesalahan dalam berinvestasi – anda tidak dapat mengetahui semuanya hanya dengan tidak melakukan apa-apa. Carilah sumber informasi seperti membaca sumber investasi secara online, melalui buku-buku, atau berkonsultasilah dengan seseorang yang anda percaya untuk menolong anda dengan strategi-strategi investasi anda yang baru.

11. Keluarlah dari zona nyaman anda – Kebanyakan keputusan-keputusan finansial yang penting, seperti meminta kenaikan gaji ataupun investasi yang riskan, akan melibatkan berbagai perasaan yang tidak nyaman. Tentu saja, tanpa rasa ketidaknyamanan tersebut maka tidak ada pilihan untuk keberuntungan. Siapkan diri anda untuk menerima masa depan finansial yang sukses.

12. Ingatlah bahwa tidak ada kata terlambat – Bahkan jika anda tidak memulai menabung hingga masa-masa akhir dalam hidup, jangan putus asa. Masih memungkinkan untuk memulai di masa-masa akhir dan berakhir dengan makmur. Mulailah menabung sebanyak yang anda bisa mulai sekarang dan kurangi belanja anda. Anda mungkin bisa saja bekerja lebih lama dibandingkan yang anda rencanakan sebelumnya; tetapi, jika anda menetapkan tujuan dan bekerja untuk mencapai itu, pekerjaan anda pun menjadi tidak terlalu mengerikan.

13. Jangan tergantung dengan uang pensiun dan jaminan sosial – Wanita terkadang tidak diuntungkan ketika berhubungan dengan rencana pensiun dan jaminan sosial. Wanita terkadang menghabiskan waktu lebih sedikit di lapangan kerja, dan itu pula sebabnya menerima lebih sedikit dibandingkan pria. Tahun-tahun pekerjaan yang sedikit tersebut hanya bisa mengkontribusikan untuk rata-rata lebih rendah dari keuntungan jaminan sosial dan uang pensiun. Buat perencanaan untuk tambahan investasi pensiun anda yang tersedia dari perusahaan tempat anda bekerja atau melalui alat investasi yang lain.

14. Keluarlah dari hutang – Salah satu langkah terpenting untuk menjadi aman secara finansial adalah mengeliminasikan hutang anda dan menciptakan budget untuk me-manage pembelanjaan anda. Mulailah dengan membayar batas maksimum hutang anda terlebih dahulu, atau, jika anda bisa, transfer hutang kartu kredit yang satu ke kartu kredit lain yang memiliki rate interest lebih rendah. Sekali anda keluar secepatnya dari hutang-hutang tersebut anda bisa memiliki lebih banyak uang untuk menabung dan investasi.

15. Lakukan perencanaan pajak – Baik apakah anda memiliki ataupun tidak memiliki rumah ataupun bisnis, pajak-pajak bisa menjadi bagian penting dari perencanaan finansial anda.

16. Jangan gunakan uang untuk membuat anda lebih baik – Disaat membelikan diri anda sendiri sepasang sepatu baru atau pakaian baru mungkin akan membuat anda merasa lebih baik dalam waktu singkat, perasaan hangat tersebut biasanya akan sirna dengan cepat. Jika anda mengalami hari yang meletihkan, investasikan waktu anda dalam sesuatu yang membuat mengeluarkan uang sedikit pun, seperti pergi berjalan atau berbicara dengan teman. Bagian dari aman secara finansial adalah belajar bagaimana untuk berbelanja lebih sedikit, atau anda tidak akan mencapai tujuan tersebut jika anda menghabiskan uang untuk membuat anda bahagia.

17. Miliki Rencana Darurat – Ketika merencanakan untuk masa depan yang jauh menjadi perhatian utama anda, anda juga seharusnya memiliki uang yang disimpan untuk kejadian-kejadian tak terduga. Tanpa dana simpanan ini, jika anda mengalami kehilangan pekerjaan anda bisa berakhir dalam masalah kartu kredit yang berat. Jika anda memiliki simpanan yang cukup enam atau sembilan bulan tanpa memiliki pekerjaan, anda akan merasa tidak begitu kecewa ketika anda melamar pekerjaan baru.

Mungkin tips-tips di atas tidak hanya teraplikasikan untuk wanita, tips-tips tersebut sangat cocok dengan banyak isyu yang wanita hadapi ketika berhadapan dengan rencana keuangan masa depan mereka. Tak ada hal lain lagi, ingatlah bahwa kesuksesan finansial anda tergantung dengan sikap anda akan uang dan kemauan anda untuk memegang masa depan keuangan anda dalam tangan anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar